>

Monday 18 October 2010

Upgrade to Ubuntu 10.10

Sudah ada yang upgrade Ubuntu ke versi 10.10 ? Saya malah belum, tetapi kemarin sudah download ubuntu alternate, dengan versi alternate ini kita bisa melakukan upgrade tanpa perlu install ulang. lantas bagaimana caranya? Tentu saja mudah, mungkin saya merupakan orang yang ke-sekian kalinya membahas ini, tetapi tidak ada salahnya menulisnya lagi di blog.

Pertama lakukan mount file .iso yang sudah di download, anggap saja kita menyimpannya di Desktop.

#mount -o loop /home/suckids/Desktop/ubuntu-10.10-alternate-i386.iso /media/cdrom0/

Perintah tersebut akan melakukan mounting file .iso kedalam direktori /media/cdrom. Perintah selanjutnya adalah melakukan upgrade. Kebanyakan tutorial, proses upgrade menggunakan perintah Alt+F2 (run command) kemudian mengetikan gksudo sh /cdrom/cdromupgrade. Tetapi saya biasa melakukan perintah tersebut di terminal.
#sh /cdrom/cdromupgrade

Maka proses upgrade akan berjalan, seperti gambar berikut.

 

[caption id="attachment_330" align="aligncenter" width="388" caption="Proses Upgrade sedang berjalan"]Proses Upgrade sedang berjalan[/caption]

 

Sampai disini cara upgrade menggunakan ubuntu versi alternate sudah selesai.

======================================================

Ini adalah pengalaman saya yang pertama selama melakukan upgrade Ubuntu ke versi yang baru. Kebetulan ubuntu yang terakhir terinstall adalah versi 10.04 LTS, dimana versi LTS ini di support oleh pihak Ubuntu sampai 5 tahun, artinya akan ada update security dari pihak ubuntu selama 5 tahun kedepan. Ciri dari versi LTS adalah muncul tambahan versi dibelakang versi aslinya setelah melakukan update. Misalnya saya memakai ubuntu versi 10.04 maka jika saya melakukan update atau muncul versi baru versinya akan berubah menjadi 10.04.1.

Ubuntu yang saya pakai terlanjur saya update ke versi 10.04.1 dan ketika saya akan upgrade ke versi 10.10 muncul error seperti dibawah ini.

 

[caption id="attachment_331" align="aligncenter" width="516" caption="Error ketika Upgrade"][/caption]

 

Informasi terakhir yang saya dapat, error ini disebabkan karena saya melakukan upgrade dari versi 10.04.1 ke 10.10. Sudah banyak yang mengirimkan error ini di bugs.launchpad tetapi sepertinya belum ada solusi. Fyuhhh ....

Update 23 oktober 2010

Hari ini saya mencoba melakukan upgrade lagi ke versi 10.10, masih dengan cd alternate, hanya saja kali ini saya menjawab "yes" ketika ada option apakah akan melakukan download update terakhir dari internet. Dan sejauh ini error tersebut tidak muncul [pada saat saya tulis ini masih dalam proses download] ...

[caption id="attachment_349" align="aligncenter" width="500" caption="Ubuntu 10.10 Maverick meerkat"][/caption]

0 comments:

Post a Comment